Tuesday, April 10, 2012

Kisah Muybridge di Google Doodle

Senin, 09 April 2012 | 08:11 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Perhatikan ikon Google pada Senin, 9 April 2012, ini. Sebanyak 21 kotak bergambar joki penunggang kuda bergerak-gerak jika tombol play berwarna kuning ditekan.

Gambar tersebut, menurut guardian.co.uk, diambil pada 1872 dan dianggap sebagai video pertama yang pernah ada. Alasannya, gambar itu menunjukkan empat kaki kuda yang terangkat dari tanah, bukan sekadar lukisan. Kuda-kuda itu merupakan kuda ternak dari pebisnis California bernama Leland Standford

Standford ingin mengetahui apakah derap kuda menjatuhkan empat kakinya di tanah secara bebarengan atau silih berganti, seperti yang biasa digambarkan para pelukis. Untuk itu, dia meminta seorang fotografer kelahiran Inggris untuk membuktikannya.

Dia adalah Eadweard J. Muybridge, fotografer yang mengambil gambar dengan 24 kamera untuk menangkap derap kuda pacu milik Standford. Gambar bergerak tersebut dikenal dengan judul The Horse in Motion.

Muybridge menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Lahir pada 9 April 1830, Muybridge dikenal sebagai fotografer yang eksentrik dan brilian. Kisah hidupnya diwarnai tuduhan pembunuhan.

Pada 1874, Muybridge bebas dari tuduhan membunuh kekasih istrinya, seorang kritikus drama di San Francisco. Kuasa hukum Muybridge membebaskan dia dengan asas gangguan kejiwaan. Kasus itu tidak mengganggu eksplorasinya dalam gerak tubuh makhluk hidup.

Seperti yang ditulis situs americanhistory.si.edu, pria yang meninggal pada 1904 itu banyak menangkap pergerakan hewan dan manusia yang tak terlihat mata normal manusia.

Eksplorasi gerakan tersebut dikenal dengan sebutan Freeze Frames. Muybridge menghabiskan tiga tahun (1884-1887) di Universitas Pennsylvania untuk bermain Freeze Frames. Selama seabad kemudian, sejarawan menganggap seni fotografi itu sebagai kajian ilmiah terhadap pergerakan tubuh.

DIANING SARI

scion fr s elf on a shelf elf on a shelf carrier iq carrier iq linda perry world aids day

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.